Monday, July 2, 2018

Serunya Membuat Rencana Travelling dengan 5 Langkah ini

Photo by rawpixel on Unsplash
Tahun ini sudah berjalan setengah putaran dan belum ada satu rencana travel pun dibuat bikin baper haha. Tahun lalu di periode waktu yang sama, sudah dua kali bepergian, dengan keluarga dan solo travel. Kangen serunya persiapan bikin rencana perjalanan. 

Travelling yang sesungguhnya sudah tercipta kehebohannya dari persiapannya menurutku. Kadang kalau lagi baper kayak sekarang, mau travel tapi belum bisa, ya iseng saja bikin itineraries sendiri. Ke mana saja yang menarik, siapa tahu suatu saja dimudahkan urusannya kan ya. 

Apa saja sih keseruan yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan rencana perjalanan?
Oh iya, please note ini berlaku untuk wisata luar Indonesia ya, karena kalau dalam negeri, proses pembuatan rencana perjalanannya bisa berbeda lagi.

LIHAT PENGALAMAN ORANG LAIN
Photo by Erik Lucatero on Unsplash
Benar sekali kalau dibilang referensi terbaik itu berasal dari pengalaman orang lain. Jurus marketing terbaik adalah words of mouth haha. Jadi untuk saya sendiri, pengalaman orang lain mendatangi satu tujuan wisata tertentu adalah salah satu pegangan saya untuk mendapatkan referensi tempat wisata menarik. 

Referensi tersebut bisa didapat dari browsing internet, buka-buka laman sosial media atau membaca review di situs-situs perjalanan seperti Tripadvisor. Untuk laman media sosial milik travel blogger tanah air, saya suka milik Claudia Kaunang dan Kenny Santana. Keduanya membagikan pengalaman berwisata dengan cara yang simpel dan cukup ramah dalam berbagi pengalaman dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kebetulan pula, keduanya sering membuat trip wisata ke berbagai tempat. Bisa banget dijadikan referensi untuk yang ingin mulai travelling dan mencari teman perjalanan.

Kalau situs, paling sering googling saja sih di internet terkait tempat wisata yang ingin dituju. Katakan ingin ke Lotte World di Seoul, ya googling saja 'Lotte world Seoul review' atau 'how to spend time in Lotte World'. Saya sendiri lebih suka googling dalam bahasa Inggris agar hasilnya lebih banyak saja.

MENCARI REFERENSI RESMI
gambar dari sini
Nah setelah melihat pengalaman-pengalaman dari orang lain, saya juga imbangi dengan informasi resmi dari situs pariwisata tempat bersangkutan. Disini saya melakukan pencarian yang lebih up to date terkait cara menuju lokasi wisata, jam buka, harga tiket hingga fasilitas lainnya yang diberikan oleh tempat tersebut. Fasilitas lain tersebut bisa berupa free tour misalnya.

Negara dan kota-kota ternama di seluruh dunia tentu memiliki situs pariwisata, namun kemudahan navigasi dan kelengkapan isi situs pasti berbeda satu sama lain. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mencari informasi resmi negara tersebut dapat dimulai dengan browsing situs resmi pariwisata negara tersebut. Kata kunci yang sering saya gunakan dalam mesin pencari adalah 'tourism'. 

Salah satu yang membuat saya suka kembali lagi dan lagi ke Korea adalah lengkapnya situs wisata serta laman sosial media lembaga pariwisata Korea Selatan. Navigasi dalam situs pun cukup mudah dilakukan, misalnya saja di situs Visit Korea ini mereka menuliskan dengan lengkap informasi wisata mengunjungi perkampungan Hanok. Mulai dari latar belakang mengapa tempat ini menarik untuk didatangi sampai cara reservasi apabila ingin melakukan pemesanan tur. 

TRANSPORTASI YANG TEPAT DAN SESUAI ANGGARAN
Photo by POR7O on Unsplash
Sudah tertarik dengan pengalaman orang lain mengunjungi satu tempat dan mendapatkan banyak referensi lokasi dari situs resmi, pasti gatel dong rasanya ingin segera berangkat? haha. Nah, tahap selanjutnya adalah memikirkan transportasi yang tepat menuju dan selama berada di kota tujuan.

Situs andalan saya Skyscanner membantu dalam melakukan pencarian tiket pesawat termurah yang dapat saya pilih. Uniknya lagi, apabila kita belum tahu mau pergi kemana tapi mau tahu ada tiket murah ke mana, ketik saja 'anywhere' di kotak tujuan. Situs akan mencarikan tujuan termurah dari kota tempat keberangkatan kita. Seru kan?

Sementara untuk wisata dalam kota di tempat tujuan, pilihan terbaik di luar negeri tentu saja transportasi umum. Pilihan antara kereta bawah tanah, bus atau monorail bisa menjadi pertimbangan. Salah satu situs serta aplikasi yang saya sukai adalah milik Tokyo Metro, jaringan kereta bawah tanah Jepang. Situs Tokyo Metro mudah diakses dan dapat dijadikan panduan dalam membuat itineraries yang lebih lengkap, bahkan sampai ke menit dan detik apabila perlu. Transportasi Jepang dikenal sangat tepat waktu, sehingga kemungkinan meleset hampir tidak ada.

Salah satu pengalaman saya terkait tepat waktunya transportasi di Jepang ini terjadi saat saya naik kereta dari Kyoto ke Osaka. Sampai 15 menit sebelum waktu keberangkatan, kereta belum juga tiba di peron. Kereta tiba 5 menit sebelum keberangkatan dan benar-benar jalan sesuai jadwal. Benar-benar pas dengan apa yang tertera di tiket, harap menunggu di peron keberangkatan lima menit sebelum waktunya. Luar biasa!

MENENTUKAN PILIHAN AKOMODASI
gambar dari sini
Semakin mudahnya berwisata di jaman now tentu membuat pilihan akomodasi menjadi sungguh banyak. Tergantung preferensi, bajet serta banyaknya anggota yang dibawa dalam perjalanan kita,  berbagai pilihan akomodasi dapat dipertimbangkan. Mulai dari guest house, bed&breakfast, hostel, motel, apartemen, hotel berbintang, sampai menyewa rumah pun tersedia. Berbagai perbedaan tipe akomodasi tersebut dapat dilihat di sini.

Sampai saat ini, situs andalan saya mencari akomodasi adalah airbnb. Airbnb menyediakan berbagai macam tempat tinggal sesuai dengan keperluan kita. Airbnb adalah pihak ketiga yang bertindak sebagai perantara, sementara penyedia jasa penginapan adalah individu-individu yang memiliki ruangan kosong untuk disewakan. Bergantung kepada review dari mereka yang pernah tinggal di satu lokasi serta ketanggapan pemilik lokasi adalah cara saya memilih lokasi hunian yang tepat selama liburan nantinya.

Cathy, salah satu host saya sewaktu berlibur ke Hong Kong, adalah host favorit saya. Ia memiliki beberapa hunian yang ideal untuk keluarga atau grup besar, dalam bentuk apartemen beberapa kamar, lengkap dengan ruang keluarga dan dapur. Salah satu unit yang disewakan Cathy dapat dilihat di sini. Lokasi huniannya sangat dekat dengan kawasan ramai Mong Kok dimana pasar malam dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Bahasa Inggris Cathy juga sangat baik, sehingga komunikasi berjalan lancar. Ia juga akan ada di hari pertama kita datang, untuk memberikan orientasi terkait apartemen serta mengajarkan fungsi beberapa fasilitas di dalamnya. Tidak heran apabila ia adalah salah satu Superhost Airbnb saat ini. Superhost adalah program Airbnb untuk memberikan titel kepada host terbaik dalam situs mereka, seperti Star Seller di Shopee.

STICK TO YOUR BUDGET, GRATISAN JUGA SERU
Photo by Bernard Hermant on Unsplash
Terakhir, dan paling penting, sesuaikan dengan anggaran. Jangan sampai banget pulang liburan langsung jatuh miskin haha.

Pasti banyak sekali lokasi wisata yang ingin didatangi, beragam suvenir yang ingin dibawa pulang atau pilihan-pilihan akomodasi yang menarik untuk ditinggali. Namun apabila kesemua hal tersebut mengganggu neraca keuangan kita nantinya, lebih baik di-skip.

Ada cukup banyak panduan untuk tetap bisa jalan-jalan happy namun minim anggaran. Misalnya, cari lah lokasi wisata gratis seperti taman atau alun-alun kota. Hal lainnya bisa juga dengan mengikuti tur gratis yang banyak disediakan dengan cara berjalan kaki. Atau beli lah tiket wisata jauh-jauh hari sebelum datang agar mendapatkan potongan harga.

Beberapa tips menghemat anggaran selama travelling dapat dilihat di sini. Eropa, yang katanya mahal pisan kesananya, pun menawarkan banyak aktivitas gratis yang bisa dilakukan. Gratisan pun tetap bikin liburan kita menyenangkan, kok.


Jadi tunggu apalagi, yuk segera buat rencana perjalananmu.
Kita tidak akan pernah tahu kapan waktu yang tepat untuk travelling kan, siapa tahu besok ada rezeki!



6 comments:

  1. Amiiin ... semoga ittenary dan referensi lokasi liburan yang diingini kak Asti terlaksana semuanya.
    Ikut mendoakan, kak.

    Doain aku juga ya kesampaian datengin banyak destinasi wisata ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn... sama-sama mendoakan yaaa... sambil menunggu terlaksana, kita bikin itineraries sebanyak2nya aja duluuuu haha

      Delete
    2. Hahahahahaha ...
      Betuuul itu, kak πŸ˜…πŸ‘

      Biar kita lebih semangat bikin tulisan daftar panjang ittenary lokasi liburan yang kita impikan ...
      Siapa tau Tuhan buka jalan kemudahan untuk itu semua, bisa dapat sponsorship juga.

      Delete
    3. Wahhh aminn smua doanyaaa.... apalagi itu yang terakhir yaa... dapat sponsorrrr aahahahaaa... sukses yaa mas

      Delete
  2. Jadi pengen bikin itin terus jalan-jalan lagi nih, baca postingan Mba Asti yang ini, hihihi...
    Serunya berburu tiket murah, riset tempat wisata, nyusun itineary sampe ga bisa tidur pas malem mau berangkat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan mbaaak kannnn.... bikin itinerary tuh macem naikin mood banget buat akuuuu haha... semangat bayang2in serunya jalan2 ntaar

      Delete