Saturday, June 9, 2018

Popmama - Panduan Hidup Ibu Milenial

Ibu muda yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000-an kerap disebut dengan ibu generasi milenial. Mereka sangat akrab dengan teknologi informasi, dan tentu saja tidak bisa lepas dari internet. Mereka mungkin saja baru menjadi ibu, namun sumber informasi mereka banyak. Tidak hanya mengandalkan wejangan dan saran dari tetua seperti orangtua atau kerabat keluarga yang lebih berpengalaman, mereka aktif mencari informasi melalui berbagai sumber. Ibu-ibu ini aktif terlibat dalam komunitas parenting, mampu mencari tahu terkait apa saja lewat internet, eksis di sosial media untuk berburu tren terbaru dan banyak lagi pilihan informasi lainnya yang mereka dapat raih.

gambar dari sini
Ibu-ibu milenial berusia sekitar 25-35 tahun, dan saat ini adalah jumlah terbesar dalam populasi ibu-ibu di dunia. Mereka menyatakan diri sangat dekat dengan anak dan karenanya tahu pasti apa yang diinginkan anak mereka. Di sisi lain, mereka tetap mengandalkan informasi dari luar diri mereka sebagai referensi memutuskan pilihan terbaik untuk si anak. 

Bermacam pilihan yang mereka miliki di satu sisi menguntungkan, mengingat banyaknya alternatif yang bisa dijadikan patokan pengambilan keputusan, namun di lain pihak cukup membingungkan. Mengingat keputusan yang diambil akan berpengaruh terhadap kondisi keluarga, terutama sang buah hati.

Banyak artikel dan bahkan penelitian menunjukkan peran ibu sebagai pengambil keputusan utama di keluarga. Artikel ini, ini serta hasil penelitian berikut menguatkan opini tersebut. Karenanya, penting sekali untuk para Ibu mendapatkan sumber informasi yang tepat dan akurat, sebagai dasar pengambilan keputusan.

gambar dari sini
IDN Indonesia, perusahaan media dengan platform digital, telah memiliki beberapa media yang menyasar pasar anak muda seperti IDN Times, Yummy dan Popbela. Februari 2018 lalu mereka meluncurkan media digital terbaru yang menyasar ibu-ibu muda, Popmama. Sesuai tagline-nya,  a parenting guide for millennial mama, Popmama hadir sebagai teman para ibu dalam berbagai aspek kehidupannya.

Melalui warna ungu lembut yang mendominasi, situs Popmama memberikan kesan atraktif saat pertama dikunjungi. Warna ungu melambangkan perpaduan ketenangan dari biru dan energi hangat merah. Dua hal yang melambangkan sosok ibu, dapat bersikap tenang dan tegas saat dibutuhkan.

Situs Popmama memiliki beberapa pilihan utama di area paling atas sesuai kebutuhan: kehamilan, bayi, anak-anak, balita dan kehidupan secara umum.


Label 'pregnancy' terbagi atas lima sub-bagian:

  • Getting pregnant berisikan informasi terkait cara dan atau usaha untuk memeroleh keturunan
  • First trimester, second trimester dan third trimester masing-masing berisikan informasi masa kehamilan di usia kandungan terkait
  • Birth mengandung informasi terkait segala hal berhubungan dengan kelahiran, seperti pilihan nama bayi atau tips melahirkan dengan nyaman


Label 'baby' terdiri atas dua sub-bagian: 0-6 dan 7-12 bulan. Keduanya mencakup serba-serbi tumbuh kembang serta keperluan bayi di dua usia emas perkembangan manusia.


Label 'Kid' merujuk pada anak usia balita (bawah lima tahun) dengan dua bagian: tahap perkembangan usia 1-3 tahun dan 4-5 tahun. Tips-tips terkait toilet training, menyapih ASI dan atau dot, permainan yang mendukung tugas perkembangan anak juga trik menyiapkan liburan bersama. 


Label 'Big Kid' berfungsi sebagai panduan ibu-ibu dengan anak yang telah memasuki usia sekolah dasar. Terdiri atas dua bagian: usia 6-9 tahun dan 10-12 tahun, dimana rentang usia terakhir sekaligus berisikan informasi untuk mempersiapkan anak menuju masa remaja.


Label terakhir, 'Life' mencakup empat bagian yang ditujukan lebih untuk kehidupan ibu, dibandingkan untuk kebutuhan anak seperti empat label sebelumnya:
  • Relationship - Artikel di bawah label ini berisikan cerita-cerita terkait menjaga dan merawat hubungan ibu dengan anak, pasangan, orangtua serta teman-teman.
  • Health & Lifestyle - Informasi terkait kesehatan dan gaya hidup, seperti makanan, karir atau keterampilan praktis yang dapat dimanfaatkan sehari-hari ada di bawah label ini.
  • Home and Living - Cara praktis mengubah dekorasi rumah atau mencari inspirasi furniture rumah tangga ada di sini.
  • Fashion & Beauty - Menjadi ibu bukan berarti lupa menjaga diri agar selalu tampil menawan. Contek tip dan trik merawat diri di area ini.

Pada setiap halaman yang dibuka di situs ini, akan selalu ada empat kategori berikut untuk dipilih:
  1. The Latest: Informasi terkini yang dikeluarkan oleh Popmama. Sangat berguna untuk tahu apa saja tren terbaru yang terjadi di masyarakat.
  2. Trending: Artikel-artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung situs Popmama. Area ini memudahkan pembaca untuk mencari tahu apa saja yang sedang menjadi topik pembicaraan utama.
  3. Editor's Pick: Bingung mencari artikel untuk dibaca? Editor Popmama sudah memilihkan artikel terbaik sebagai referensi. Cukup pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Tools: Ini merupakan salah satu fitur favorit saya. Ada kalkulator kehamilan, masa ovulasi dan mesin pencari nama. Mudah digunakan sebagai panduan untuk mereka yang sedang merencanakan kehamilan, memperkiran hari lahir serta menyiapkan nama anak.

Salah satu fitur unggulan situs ini adalah #MillennialMama of the Month dimana akan dipilih satu ibu milenial per bulannya, yang akan sharing pengalaman. Setiap bulannya, ibu terpilih akan menuliskan pengalaman mereka sebagai seorang ibu dan menceritakan hal-hal lain seputar kehidupannya sebagai ibu, selain sebagai perempuan dan istri di masyarakat. 

Mama pilihan juga akan memberikan quote terbaik mereka sebagai bentuk dukungan untuk sesama ibu milenial lainnya.


Selain artikel-artikel, Popmama juga sering mengadakan kegiatan offline dan online berupa acara-acara seperti talkshow, kuis atau kompetisi. 


Akun sosial media Popmama dapat ditemukan di:

Twitter: https://twitter.com/popmama_com
Facebook: https://www.facebook.com/PopmamaIDN
Instagram: https://www.instagram.com/popmama_com

Cukup lengkap bukan?
Jangan ragu menjadikan Popmama sebagai referensi informasi motherhood terakurat ya.





0 comments:

Post a Comment