Saturday, May 19, 2018

Back to (90s) School! - 5 Aktivitas Sekolah yang Identik dengan Tahun 90an

gambar dari sini
Tidak lengkap rasanya balik ke tahun 90an tanpa ngobrolin soal masa sekolah. Karena jujur saja, kenapa tahun 90an ini begitu terkenang banget, salah satunya karena para penghuninya masih duduk di bangku sekolah ya kan, masa-masa yang kayanya pengen rasanya diulang terus, kalau saja tidak ingat pe-er dan ulangan yang setumpuk lol.

Jadi ga salah kalau minggu ini saya dan mamah merah sepakat ngobrolin masa sekolah. Apa yang berkesan dari sekolah di tahun 90an? Ada beberapa hal yang mungkin sampai sekarang masih ada, cuma beda gaya aja misalnya contekan, tapi ada juga yang pastinya sudah berbeda sekarang dan dahulu kala.

Jangan lupa cek juga postingan mamah merah di sini yaaaa.

Untuk saya sendiri, ada lima hal yang paling saya ingat ketika balik sekolah dulu kala. Lima aktivitas ini bikin saya kangen sekolah:

1. Kunti, RPUL, RPAL

Bukaaan, bukan kuntilanak. Serem pisan jaman sekolah saya kalau hanya dia yang diingat. Kunti serta kedua temannya, RPUL dan RPAL adalah buku wajib jaman sekolah. Kalau ketinggalan, rasanya dunia runtuh. Memang se-hiperbola itu saya saat itu.


Kunti atau tekun teliti adalah buku soal hits jaman SD dulu kala. Kalau beli di sekolah, lembar jawabannya sudah hilang. Pastikan beli di toko buku agar masih bisa dapat contekan jawaban, sampai-sampai semua soal berbagai agama bisa saya jawab lol. Sepertinya hampir semua sekolah mengandalkan Kunti saat itu, sehingga kalau sedang main dengan teman yang berbeda sekolah, pe-ernya pun sama.

Nah, kalau RPUL dan RPAL ini buku wajib pengganti ketiadaan Google dan Wikipedia dulu kala.


Masing-masing buku berfokus pada dua pengetahuan dasar, umum dan alam. Saat ini pun, yang mau mengenang masa lalu bisa membeli bukunya di sini. Walaupun banyak buku pengetahuan yang saat ini beredar, dengan ilustrasi yang lebih menarik, namun kedua buku ini tidak terlupakan dari sisi otentisitasnya. Makin lecek bukunya, tandanya makin pintar yang memiliki. Katanyaaaa....

2. Tukar-menukar biodata

Old school bangetssss... hahahahaa...
Lihat deh tulisan di sini, membahas tentang apa saja yang ngangenin dari nulis biodata di tahun 90an. Ada yang berbeda dengan menulis tangan secara langsung dengan mengisi melalui google forms seperti umumnya yang terjadi saat ini. Saat itu goresan tangan, bentuk tulisan serta warna-warni spidol dan hiasan yang menyertainya akan berbicara banyak tentang orang tersebut.

Ternyata, saya masih punya satu buku peninggalan masa SMP nih, semoga yang merasa nulis disini masih ingat apa saja yang ditulis ya. Lol.



3. Main Benteng

Mau bulan puasa sekalipun dimana ga melakukan apa-apa saja bikin capek, haus dan lapar, entah mengapa dulu tetap saja hobi main benteng.

Benteng, seperti tertulis di wiki, adalah permainan yang dilakukan oleh dua grup, dengan minimun empat orang sebagai anggota. Masing-masing grup akan memilih satu tempat sebagai markas mereka, bisa berupa tiang, batu, pilar atau kalau tidak ada juga, dapat membuat lingkaran di lantai dengan kapur. Tugas masing-masing grup adalah mempertahankan markas ini agar tidak diambilalih lawannya. 


Yang menarik dari bermain benteng adalah tawanannya yang bisa sampai berbaris-baris panjangnya. Mudahnya syarat permainan ini juga menjadikan benteng dapat dimainkan dimana saja, bahkan di jalan yang sempit seperti terlihat dari video di atas. Tujuan permainan ini bagus banget sebenarnya, tidak hanya fisik, namun juga bermain stategi dalam merebut markas lawan dan membebaskan tawanan.

4. Tukeran Stiker

Sebagai siswa tahun 90an, pasti tidak terlepas dari tukar-menukar stiker dengan bermacam album stiker. Perempuan dan laki-laki sama terserapnya dalam hobi ini.


Sampai sekarang pun masih ada album stiker Panini ternyata, pas dengan perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia, Panini mengeluarkan album stiker. Sedikit tambahan, mengikuti jaman pastinya, Panini pun menyediakan versi digital dari album stiker ini.

Nah, kalau yang cowok hobi banget dengan stiker Panini, versi sepakbola atau basket, maka yang cewek pilih stiker-stiker lucu dengan album stiker warna-warni.
Pasti ingat banget sama kata-kata ini stiker asli atau palsu ya? Kalau warna stiker di baliknya sama persis dengan bagian luar, nah stiker tersebut pasti asli. Entah teori darimana itu.

5. Ganti Baju Olahraga di Kelas

Apa yang terakhir paling saya ingat? GANTI BAJU MASAL DI KELAS.
Persis dengan cerita di sini, perkara ganti pakaian di kelas sebelum dan selepas kegiatan olahraga ini nampaknya masih menjadi budaya sampai sekarang. Padahal ada kamar mandi, terkadang lokasinya juga tidak terlalu jauh, tapi tetap lebih seru ganti pakaian di kelas haha.


Untung dulu ga ada cctv ya. Sedih banget anak-anak jaman now ya 🤭

Nah itu lima hal yang paling saya ingat kalau ngobrolin soal back to school dulu. Ada nostalgia lain yang lebih terasa untuk kamu kah?

2 comments:

  1. Bikin kaset kumpulan lagu, ngerekam dari radio atau dari kaset temen. Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakaaa... ini masuknya udah gedean dikit nampaknya... edisi SMP ke atas lah yaaa bow

      Delete