Thursday, June 1, 2017

Apply Visa Multiple - South Korea


wooohooo... bisa pulang kampung kapan ajaa 

Postingan ini semacem janji pada diri sendiri, kalau multiple visa ini tembus, harus nulis. Biasa banget kan pengalaman semua orang yang apply visa, terutama kalau semuanya urus sendiri, suka bikin nazar macem2 kalau ini visa lolos, karena tahap persiapannya aja penuh perjuangan... wuakakaka...

so here's the promise...

THE BACKGROUND


Sedikit cerita kenapa tetiba banget, beneran out of the blue, bikin visa. Simpel banget sih, please banget dehh ini otak kapasitas berpikirnya ud mepet jadi ga mungkin bikin reasoning yang njelimet, asal muasalnya tentunya ...

SUPER MASSIVE OBVIOUS REASON!!

Tahun lalu, melewatkan Kangta konser solo, menyesalnya sampai sekarang. Sehingga saat informasi konser ini keluar, kalap melanda. Diskusi bolak - balik dengan @niesoe membuat kegalauan makin mejadi - jadi. Winni ini awal tahun 2017 ini baru aja nonton konser Kyuhyun di Jepun sana, sangat mengerti perasaan fangirl banget kan. Salah satu fakta menarik selama ngobrol adalah visa yang dipakai ke Jepun adalah multiple. Alasannya sih biar ntar gampang bolak balik lagi, secara kpop gasoo kalau konser di Tokyo kadang lebih keren dari di Seoul. Nah dari sini lah kepikiran apply multiple visa juga. 
Satu, karena tahun depan rencana liburan ke Korea bareng keluarga dan Dua, selalu ada alasan balik kesana. Alasan paling valid sih yang kedua, tiap tahun kangen kampung halaman. hahaha. Jadilah, dari sana cari - cari informasi soal pengajuan visa multiple ini.


SYARAT & PROSES PENGAJUAN VISA MULTIPLE KOREA SELATAN

Website kedutaan Korea cukup jelas banget kasih informasi untuk aplikasi visa. Berikut alamat website-nya: http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/idn/main/

Secara singkat, mengajukan multiple visa DAPAT dilakukan apabila sebelumnya pernah mengunjungi DAN mendapatkan visa korea minimal dua kali. Informasi ini gue dapetin dengan 2x telpon kedutaan, sementara di website ini sendiri mensyaratkan hanya sekali datang saja sudah bisa apply multiple. Gue sendiri total ke Korea 3x, dua kali dengan visa korea, 1 kali dengan visa Jepang transit di Korea. Tapi baca di sini, per Mei 2016 transit dari/ke Jepang ga bisa lagi. Huhuhu. Sebel yaa sama orang - orang yang suka menyalahgunakan hak tinggal.  

Terkait persyaratan dokumen, sama banget sama apply single visa untuk wisata. Website ini cukup detail memberikan penjelasan terkait dokumen - dokumen apa saja yang diperlukan. 
Saat sudah tiba di loket pengajuan visa, kita tinggal menginformasikan keinginan apply multiple visa. Petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu akan semua dokumen baru meminta kita melakukan pembayaran sebesar Rp 1.224.000 (per Mei 2017). Seperti layaknya mas kawin, biaya visa dibayar tunai yaa...

Apabila semua sudah selesai, kita akan langsung diberikan tanda terima seperti ini:



Besoknya, visa langsung dapat diambil. BESOK? Yep. Proses multiple visa Korea Selatan hanya memakan waktu satu hari saja. Mudah dan cepat ya... serta berlaku LIMA TAHUN πŸ’•

TIPS APPLY VISA KOREA SELATAN

Pengalaman apply visa Korea tiga kali sendirian, bolehlah yaa sombong dikit untuk bisa kasih tips. Pertama kali apply single visa tahun 2012 untuk 3 orang, tahun 2013 untuk 4 orang dan tahun 2017 ini, multiple untuk diri sendiri. Makin tahun, syarat dokumen visa makin banyak. Tapi terus terang, gue sendiri dari dulu kalau apply visa emang super rempong. Semua disertakan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.. Maksudnya sih biar orang kedutaan percaya lah kalau kita beneran udah prepare banget buat kesana.

1. Sponsor letter

Penting banget, terutama untuk yang baru pertama kali apply visa Korea, atau malah baru pertama kali apply visa manapun. Apabila punya kenalan di Korea sana, minta tolong bikinin surat undangan kalau kita pergi untuk mengunjungi dia. Apabila tidak ada dan masih kuliah, minta dari sekolah/kampus untuk memberikan surat keterangan. Paling apes banget minta surat keterangan dari orangtua yang intinya bilang anaknya bakal balik pulang,, πŸ˜€. Kalau udah kerja mah lebih mudah, minta dari perusahaan saja. Semakin tenar nama perusahaanmu, semakin mudah prosesnya. Apalagi kalau sudah bekerja minimal 1 tahun.

2. Tidak perlu beli tiket pesawat dan bayar booking hotel

Namanya apply visa is a matter of luck sih. Biarpun kata temen gampang atau ga pernah ada cerita visa negara ini ditolak selama syaratnya lengkap, tetep aja yang namanya apes bisa terjadi. Sempat baca ceritanya akun backpackology terkait apply visa UK. Satu keluarga apply dan yang ga dapet malah si ayah, padahal semua dependennya dapet. Alasannya? only Gods and Embassy knows. 
Nah, daripada rugi tiket pesawat dan hotel hangus, bisa apply dengan menyertakan tiket pesawat yang berupa kode bookingan dari travel agent yang belum di-issued. Sementara untuk hotel, situs pemesanan semacam AGODA memiliki promo bayar nanti dan pembatalan gratis. Ini lumayan berguna untuk dapat bukti booking hotel tanpa membayar dulu. 

3. Bukti keuangan

Makes sure 3 bulan sebelum apply visa, pastikan kita menjaga alur transaksi di rekening bank yang akan dicetak nantinya. Jangan terlihat adanya pemasukan atau pengeluaran dana yang tidak lazim, pemasukan super besar di bulan tertentu misalnya. Terkait jumlah saldo rekening, gue selalu memakai rumus pengeluaran sehari 1 juta. Jadi, apabila gue berencana berlibur 3 hari, maka at least ada 3 juta di rekening. Tips yang sama dipakai saat apply visa Jepang dan Australia juga. Apabila masih kurang yakin dengan jumlah tabungan di rekening, gue biasanya juga menyertakan laporan transaksi kartu kredit tiga bulan terakhir. Maksudnya sih mau info kalau punya dana cadangan. tapi tetep harus wise yaa pemakaiannya.

4. Asuransi perjalanan

Ini bukan hanya sebagai perlindungan kita sendiri di tempat tujuan nantinya, namun berfungsi lebih dari itu. Asuransi ini akan meyakinkan Kedutaan apabila terjadi sesuatu hal pada diri kita saat berwisata, ada yang akan cover. Asuransi perjalanan juga memperkuat bukti keuangan, apabila terjadi keadaan gawat darurat, cashflow tidak akan terganggu.

5. Itinerary perjalanan

Bukti kalau kita telah mempersiapkan perjalanan dengan matang. Jangan lupa sertakan juga tanggal berapa kita akan meninggalkan negara tempat wisata. Hal ini memastikan pihak kedutaan bahwa kita tidak akan mencari suaka di tempat tersebut.

Panjang juga yaaa ternyata postingan ini...
Padahal beberapa udah nge-link ke website lain... ahahaha...

anyhow, have fun prepare all the documents yourself!

percaya deh, ada kepuasan tersendiri saat kita apply visa sendiri kemudian lolos dibanding lewat travel agent ... selain lebih murah tentunya πŸ˜†





23 comments:

  1. hii, salam kenal
    aku juga pengin apply visa multiple
    jadi tahun ini bisa d sebut tahun ke 3 ke korea,
    tapi sedikit was was......
    banyak banget pertanyaan haha,
    pertama,
    multiple itu untuk mahasiswa horor ga ya?
    kedua,
    tahun ini sy ke korea sbg mahasiswi dan pakai rekening sendiri ga pake punya ortu untuk single entry saja, saya estimate 1 hari 1jt so, 10 hari 10jt
    tapi multiple bagaimana?


    thx,
    umi.sadyh@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pakai estimasi yang sama kok pas apply multiple kemarin, sehari sejuta udah umum banget lah ya. syaratnya hanya minimal sudah sekali kesana, jadi seharusnya no worry ya..

      Delete
    2. Beneran nih , Mbak?
      Jika 1 ( satu ) kali pergi ke korea sudah bisa apply multiple visa ?

      Delete
    3. Yes Mbak. Sesuai dengan link kedutaan yang aku informasikan diatas. Boleh dibaca lebih lengkapnya di link tersebut.

      Delete
    4. Hi Mbak Asti,
      Aku udah sempat 1x kesana tahun 2016, rencana tahun depan mau kesana lg.
      Sebelumnya aku baca di blog Mbak yang nelpon Kedutaan yg boleh apply multiple visa minimal 2x kunjungan ke Korea.
      Terus aku baca lg di comment, katanya bisa minimal 1x kunjungan ke Korea bisa mendapatkan multiple visa. Jadi agak bingung nih mbak, hehe.
      Jadi gimana ya Mbak, apa aku bisa ngajuin multiple visa walau hanya baru 1x kunjungan??

      Delete
    5. Yes Mbak. Kalau mengacu info di link kedutaan Korea terkait visa, sekali kesana aja udah eligible untuk apply Multiple. Ga tahu kenapa pas nelpon, orangnya info hal yang berbeda ya.

      Delete
  2. Hai Mba,

    Pas banget nemu postingan yg Mba tulis karena kebetulan aku juga ada rencana utk bikin multiple visa ke Korea karena alasan yg "kedua" sama seperti Mba Asti di atas juga hehehe.

    Dulu sempet jiper utk apply multiple visa Korea karena ada persyaratan harus punya visa negara OECD dulu, nah ternyata sekarang syarat ini sudah dicabut. Tapi masih was2 juga utk apply karena aku baru punya 2 visa ke Korea dalam 3 tahun terakhir dan merasa worried takut ditolak pengajuannya multiple visa nya.

    Tapi setelah membaca postingan ini, aku jadi semangat dan lebih pede lg utk apply hehehe. Utk formulir dan semua persyaratan dokumen yg diajukan utk multiple visa berarti sama seperti ketika apply single visa ya mba? Hanya saja ketika di kedutaan nanti, kita info ke petugas di loketnya kalau kita mau apply yg multiple visa? cmiiw ya mba.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat balas... tapi semua persyaratan samaaa seperti apply single. semoga sudah berhasil dapat visa-nya yaaa mbaaa...

      Delete
  3. kalo udah pernah ke korea sekali terus perpanjang paspor dan no paspornya ganti masih bisa kehitung udah pernah kesana kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sista, kehitung, nanti fotocopy paspor lama juga yg ada cap capnya dan kolom identitasπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Delete
  4. maaf mau nanya ni, kalo visa multiple di tolak apakah ada kemungkinan kita malah dpt yg single? jadi tidak di tolak sepenuhnya πŸ˜‚ kata dwidaya tour begitu, tp agak bingung juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku kemarin, karena urus sendiri ya, jadi pas sampai konter visa kasih lihat semua dokumen dan tanya langsung bisa atau engga ambil multiple. kalau engga, ambil single aja secara bayarnya kan beda ya... hahaha... tapi karena petugas visa bilang ok, baru deh aku urus.
      Tour & travel lebih tahu sih ya harusnya, mereka malah biasanya play really safe dengan minta kita siapin dokumen lebih banyak jaga jaga.
      aduh aku balesnya telat banget ya... semoga ud lancar yaa visanya.

      Delete
  5. Mba di web kedutaan korea saya ada ketemu pengumuman ini http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp ini syarat multiple atau gimana ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbk wiwin peraturan baru sekarang kalau mau apply multiple selain harus pernah ke korea 1x juga harus pernah ke negara oecd 1x

      Delete
    2. Aku lihat link-nya itu link website kedubes Korea di setiap negara ya.. aku coba update lagi baca2 websitenya, ketentuan multiple visa masih sama di http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/view.do?seq=722750&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1 . masih min 1x

      Delete
    3. Mas Dede, kalau aku coba baca dan artikan info ini:
      http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2710/view.do?seq=748757&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1

      Ini bermaksud mereka yang memiliki visa negara OECD DAN pernah mengunjungi negara OECD min 1x boleh mengajukan multiple visa, tanpa perlu mengunjungi Korea sekalipun. cmiiw ya.

      Delete
  6. halo kaa, aku ada rencana mau ke korea bareng temen-temen kuliahan aku bulan mei ini. rencananya sih aku pengen buat visa multiple. aku pernah ke korea desember 2015 tapi tidak ada visa negara OECD lain selain korea, apa tetap bisa ya ka? selain itu ada adik temen aku yang baru lulus SMA pas mei, apa minta surat keterangan dari SMA nya aja ya ka?? thanks beforeeee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat dari link ini: http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/view.do?seq=722750&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1 ... tetap bisa kok apply multiple dengan pengalaman sekali ke Korea saja.
      Untuk adiknya teman yang masih sekolah, minta jaminan orang tua saja. pakai rekening orang tua dan surat diperbolehkan pergi dengan jaminan dana dari orangtua.
      Semoga lancar yaa apply-nya.

      Delete
  7. hi, mau tanya untuk formulir visa nya sama dengan visa kunjungan single ? soalnya saya liat di form visa kunjungan yg biasa gak ada tulisan multiple visa. Terus, apakah kamu menyertakan form di link ini juga ? itu form apa sih ya ?

    http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/view.do?seq=722750&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1

    kalau form nya sama kita bilang mau apply visa multiple nya pas udah sampai di loket konsuler apa dimana ya ? thank you in advanced.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya formulirnya sama dengan visa single. Nanti tinggal bilang di loket saja apply multiple. Untuk yang di link aku ga tahu, mbak. bahasa korea semua itu hahaha.

      Delete
  8. Hallo.. mau tanya, aku pernah ke korea pd bulan januari 2018 kemarin lalu rencananya agustus mau pergi lagi ke korea.. bisa gak yah kalo aku mengajukan multiple visa untuk berangkat agustus besok? Soalnya aku cuma baru 1x ke korea & mohon info juga apakah ada persyaratan tabungan di rek berapa kalo mengajukan multiple visa korea??
    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat awalnya hanya pernah sekali ke Korea bisa kok apply multiple visa, dari sana sih dirimu sudah memenuhi kualifikasi ya. Untuk tabungan, sama saja kok dengan apply visa single. Buat aku selalu pakai standar, sehari satu juta buat gampangnya. semoga membantu yaa

      Delete